Prospek Lulusan

Profil dan Deskripsi Lulusan

Entrepreneur :

  • Memiliki kemampuan untuk membawa perubahan, inovasi, ide-ide baru dan aturan baru dengan mengkombinasikan berbagai sumber daya sehingga dapat diterima dan memberi manfaat lebih kepada masyarakat luas secara etis dan bertanggung jawab.
  • Memiliki kemampuan untuk menghasilkan dan menentukan cara-cara untuk menghasilkan produk/jasa, merencanakan dan memasarkannya, serta mampu mengatur aspek-aspek permodalan dan dampak yang ditimbulkan dari aktifitasnya.

 

Business operator :

Memiliki kemampuan untuk menjalankan fungsi-fungsi bisnis yang berorientasi dengan menggunakan sumber daya internal maupun eksternal perusahaan, serta tetap mengedepankan operasi bisnis yang beretika.

 

Instruktur :

Memiliki kemampuan untuk melakukan transfer pengetahuan dan keterampilan kepada pihak lain dengan menggunakan pendekatan yang sesuai dengan memenuhi kaidah-kaidah keilmuan dan norma-norma yang berlaku.

 

Capaian Pembelajaran

Sikap (Afektif):

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

Pengetahuan (Cognitive) :

  1. Menguasai konsep teoretis  secara mendalam terkait dengan teori administrasi, corporate governance, dan pengambilan keputusan;
  2. Menguasai konsep teoretis secara umum terkait dengan teori-teori: kewirausahaan, inovasi sebagai bagian dari teori kreasi pengetahuan (knowledge creation), motivasi (motivation theory),perubahan (social dan manajemen) khususnya perilaku social dalam kewirausahaan, lintas budaya dalam organisasi bisnis,  fungsi-fungsi  bisnis, dan teori pemangku kepentingan;
  3. Menguasai konsep umum teori ekonomi, sistem politik, dan teori ekonomi politik;
  4. Menguasai pengetahuan faktual dan terkini tentang hukum bisnis dan etika bisnis;
  5. Menguasai  metodologi manajemen perubahan, metode analisis kinerja organisasi bisnis, dan metode penelitian sosial;
  6. Menguasai prinsip dan teknik komunikasi persuasif  lintas organisasi dan lintas budaya di bidang bisnis.

 

Keterampilan Umum :

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam bidang bisnis.
  2. Memiliki sikap peduli, terbuka, peka, dan beretika sosial unggul dalam bidang bisnis.
  3. Mampu dan terampil dalam proses pengambilan keputusan khususnya bidang bisnis.
  4. Mampu menyelenggarakan tata kelola yang baik untuk organisasi bidang bisnis.
  5. Memiliki ketrampilan berkomunikasi yang efektif.
  6. Memiliki karakter kepemimpinan yang transformatif.

 

Keterampilan Khusus (Psikomotorik):

  1. Mengevaluasi implikasi suatu kebijakan, keputusan, maupun strategi dengan menggunakan pendekatan analitis dan sistematis yang dituangkan dalam format evaluasi terstandar yang minimum mencakup informasi tentang metodologi evaluasi, temuan evaluasi, kesimpulan, dan rekomendasi;
  2. Mengidentifikasi, menganalisis, permasalahan bisnis terstruktur (structured business) dengan menggunakan pendekatan analitis dan sistematis dan merumuskan solusi yang dapat dipertanggungjawabkan;
  3. Mengidentifikasi, menganalisis praktek “tanggung jawab sosial dari sebuah organisasi bisnis” (corporate social responsiblity) terkait dengan etika dan pemanfaatannya, dengan menggunakan pendekatan analitis dan sistematis dan merumuskan solusi yang dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Mengkreasi dan mengelola inovasi, pendirian entitas bisnis baru dengan potensi pertumbuhan yang tinggi berbasis pada potensi dan kearifanlocal;
  5. Mengidentifikasi, mengevaluasi beragam risiko dan peluang menjalankan bisnis dalam konteks  lingkungan global, dan mengusulkan alternative solusi yang dapat dipertanggungjawabkan;
  6. Mengidentifikasi dan mengkomunikasikan dampak teknologi terhadap bisnis konvensional dan bisnis era digital (e-commerce) secara bertanggung jawab.
  7. Mengkaji interelasi antar beragam model bisnis dengan aspek lingkungan alam dan sosial setempat.
  8. Memformulasikan dan mengimplementasikan strategi bisnis konvensional yang bersifat fungsional;
  9. Menggunakan ketrampilan hubungan antar pribadi, respek dan empati, dan mengimplementasikan teori kelompok untuk menyampaikan dan mempersuasi penyelesaian konflik  antar pribadi, kelompok, dan sosial dalam organisasi;
  10. Bekerja  dalam tim bisnis secara efisien dan efektif dengan latar belakang sosial dan akar budaya bisnis yang beragam.