PROFIL

Program Studi Administrasi Bisnis adalah salah satu Program Studi di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro yang memiliki tujuan menyelenggarakan proses pembelajaran ilmu administrasi bisnis yang menumbuhkan kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan ide kreatif, inovatif, dan solutif, melalui proses dan pendekatan yang ilmiah, serta beretika untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkiprah secara nasional maupun internasional dengan akhlak moral yang baik.

Sasaran proses pembelajaran pada Program Studi Administrasi Bisnis adalah menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan ilmu/teknologi dan seni yang berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat dan institusi bisnis, berbasis pada tata kelola yang baik (Good Governance) dalam bidang bisnis, perencanaan tata kelola bisnis, dan rekayasa tata kelola bisnis dengan mutu yang unggul.

Program Studi Administrasi Bisnis berdiri sejak tahun 1976 dan memiliki Akreditasi A.

Rekam Jejak

Program Studi Sarjana Administrasi Bisnis (PS Adbis) telah berdiri sejak tahun 1970 sehingga memiliki rekam jejak Tridharma Perguruan Tinggi dan kontribusi yang signifikan di dalam dunia pendidikan. Akreditasi A BAN PT yang didapatkan PS Adbis menunjukkan tingginya kualitas pendidikan yang dilakukan secara komprehensif. Saat ini PS Adbis memiliki 818 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa kelas Reguler dan International Undergraduate Program (IUP) yaitu kelas program internasional yang telah menerima mahasiswa sejak tahun 2019.

Berikut adalah deskripsi rekam jejak PS Adbis pada bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian, serta kemahasiswaan, alumni, dan kerjasama.

Pendidikan

PS Adbis memiliki profil tenaga pengajar yang baik dimana terdapat 21 Dosen dengan 52% diantaranya berkualifikasi S3 yaitu Prof. Sudharto P Hadi, Prof. Naili Farida, Prof. Ari Pradhanawati, Dr. Ngatno, Dr. Sri Suryoko, MSi, Dr. Widiartanto, MAB, Dr. Hari Susanta Nugraha, MSi, Bulan Prabawani, PhD, Dr. Reni Shinta Dewi, MSi, Dr. Andi Wijayanto, MSi dan Dr. Sari Listyorini, MAB. Selain itu, profil jabatan fungsional PS Adbis pun baik dimana terdapat 3 Guru Besar, 5 Lektor Kepala, 11 Lektor, dan 2 Asisten Ahli.

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak sebatas ilmu yang didapatkan di dalam kampus, PS Adbis memfasilitasi Program Pertukaran Pelajar di tingkat Nasional dan Internasional serta Praktek Bisnis (Magang). Pada tingkat Nasional, selain menerima mahasiswa inbound Program Permata Sakti (Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara) sebanyak 97 mahasiswa pada tahun 2020, PS Adbis juga telah mengirimkan 3 mahasiswa (Atifa Alif Febriyanti, Ifa Nur Fadlilah, Oktavina Dzinuha Ananda) untuk mengikuti sit-in mata kuliah di Universitas Hasanuddin dan Universitas Padjajaran.

Pada tingkat Internasional, PS Adbis telah dalam 10 tahun terakhir aktif menerima maupun mengirimkan mahasiswa untuk program exchange students maupun summer course. PS Adbis mengirimkan 4 mahasiswa exchange students pada tahun 2020 dan 8 mahasiswa telah siap dikirimkan pada tahun 2021 ini. Pertukaran pelajar oleh 1 orang mahasiswa (Dwi Rahayu Prihandini) sudah berangkat ke Vietnam dan beberapa lainnya direncanakan berangkat tahun 2021. Universitas yang dituju antara lain National Tsing Hua University (Universitas terbaik 2 di Taiwan) yang telah menerima 2 mahasiswa program IUP Admnistrasi Bisnis (Kaulian Ponty dan Dwi Gita Seno), berikutnya Istanbul Aydin University yang menerima 2 mahasiswa IUP Administrasi Bisnis (Naufan Hafi Fauzi dan Nur Amalia Zahra), selanjutnya Gyeongsang National University menerima 2 mahasiswa (Hanun Aisyah dan Lysandra Bryna Hanwari), kemudian Chung Ang University menerima 2 mahasiswa (Khalisa Anjaina Azka Athiyya dan Anissa Rizqi Adha), serta Dong Ah University menerima 2 mahasiswa (Hanin Aulia Rasyid dan Rayhan Praditya Oktavianto)

Dalam kesiapannya mengimplementasikan Kampus Merdeka Belajar dengan program pertukaran pelajar, Prodi S1 Administrasi Bisnis telah membuka kelas Internasional sejak tahun 2019 dan telah mengirimkan mahasiswa untuk mendapatkan paparan internasional antara lain ke National Tsing Hua University, National United University di Taiwan, Youngsan University, Myeongji University, Chung Ang University, Gyeongsang National University dan lainnya di Korea Selatan, serta Aydin Istanbul University di Turki. Dengan hadirnya kelas internasional Administrasi Bisnis maka semakin terbuka peluang besar untuk melakukan Program Pertukaran Pelajar ke depannya dengan kompetensi bahasa internasional yang telah dimiliki oleh mahasiswa IUP.

Praktek bisnis atau magang merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa sehingga mahasiswa memiliki pengalaman praktis dan pengalaman menimba ilmu di luar kampus. Untuk itu, telah terdapat ratusan perusahaan kerjasama Magang di sektor privat baik di tingkat lokal maupun nasional yang dapat menerima mahasiswa dari PS Adbis, diantaranya PT KAI, PLN, Bumiputera, BNI, BPD Jateng, PDAM, TELKOM, dan berbagai perusahaan murni swasta lainnya. Bahkan dalam masa pandemic, PS Adbis menjalin kerjasama magang dengan Alumni, yaitu Pengusaha Muda Forbes Witjaksono yang diikuti 49 mahasiswa secara intensif dan daring. Pada tahun 2020 ini, PS Adbis telah mengirimkan total 147 mahasiswa magang di berbagai perusahaan.