VISI DAN MISI
VISI :
Pada tahun 2030, menjadi pusat kajian pembelajaran konseptual dan praktikal administrasi bisnis yang mampu menghasilkan lulusan dengan kemampuan unggul dalam bidang ilmu bisnis di tingkat internasional.
MISI :
- Menyelenggarakan pembelajaran bidang ilmu administrasi bisnis yang menumbuhkan rasa ingin tahu, berorientasi proses yang baik, dan beretika sosial yang terpuji.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul dalam bidang bisnis.
- Menghasilkan lulusan yang mandiri, solutif, dan beretika baik dalam bidang bisnis.
- Menghasilkan tata kelola proses belajar mengajar bidang bisnis yang orientatif.
- Mendorong kegiatan riset bidang ilmu administrasi bisnis dan mengembangkan ide-ide yang kreatif dan solutif melalui forum ilmiah.
- Menghasilkan karya ilmiah yang berorientasi internasional khususnya bidang bisnis.
- Menyelenggarakan forum ilmiah bertaraf internasional sebagai diseminasi kegiatan riset bidang bisnis.
- Mendorong pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai sarana praktikal dan implementasi bidang ilmu administrasi bisnis khususnya kepada perkumpulan sosial berbasis kegiatan bisnis di wilayah lokal, regional, dan nasional.
- Meningkatkan peran civitas akademika prodi administrasi bisnis dalam menyelesaikan masalah sosial khususnya bidang bisnis.
- Mengembangkan kegiatan praktikal guna mendorong tata pamong yang baik dalam bidang bisnis.
- Prodi Administrasi Bisnis mengembangkan akhlak dan perilaku kecendekiawanan dengan mengutamakan etika akademik.
- Mengembangkan akhlak dan perilaku jujur, transparan, dan adil pada proses belajar mengajar bidang administrasi bisnis.
- Mengembangkan budaya kecendekiawanan dalam bidang administrasi bisnis.
- Meningkatkan reputasi dan akreditasi program studi di tingkat nasional dan internasional.
PROFIL LULUSAN
- Entrepreneur
- Business analyst/Consultant
- Researcher
- Instruktur
KOMPETENSI LULUSAN
Kompetensi Pendukung
- Memiliki sikap peduli, terbuka, peka, dan beretika sosial unggul dalam bidang bisnis.
- Mampu dan terampil dalam proses pengambilan keputusan khususnya bidang bisnis.
- Mampu menyelenggarakan tata kelola yang baik untuk organisasi bidang bisnis.
Kompetensi Tambahan
- Memiliki ketrampilan berkomunikasi yang efektif.
- Memiliki karakter kepemimpinan yang transformatif.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI
KETRAMPILAN KHUSUS
Pada domain ketatapamongan (governance), lulusan Sarjana Administrasi Bisnis memiliki kemampuan:
- Mengevaluasi implikasi suatu kebijakan, keputusan, maupun strategi dengan menggunakan pendekatan analitis dan sistematis yang dituangkan dalam format evaluasi terstandar yang minimum mencakup informasi tentang metodologi evaluasi, temuan evaluasi, kesimpulan, dan rekomendasi;
- mengidentifikasi, menganalisis, permasalahan bisnis terstruktur (structured business) dengan menggunakan pendekatan analitis dan sistematis dan merumuskan solusi yang dapat dipertanggungjawabkan;
- mengidentifikasi, menganalisis praktek “tanggung jawab sosial dari sebuah organisasi bisnis” (corporate social responsiblity) terkait dengan etika dan pemanfaatannya, dengan menggunakan pendekatan analitis dan sistematis dan merumuskan solusi yang dapat dipertanggungjawabkan.
Pada domain inisiasi sebuah bisnis baru (start up business), lulusan Sarjana Administrasi Bisnis memiliki kemampuan:
- mengkreasi dan mengelola inovasi, pendirian entitas bisnis baru dengan potensi pertumbuhan yang tinggi berbasis pada potensi dan kearifanlocal;
- mengidentifikasi, mengevaluasi beragam risiko dan peluang menjalankan bisnis dalam konteks lingkungan global, dan mengusulkan alternative solusi yang dapat dipertanggungjawabkan;
- mengidentifikasi dan mengkomunikasikan dampak teknologi terhadap bisnis konvensional dan bisnis era digital (e-commerce) secara bertanggung jawab.
- mengkaji interelasi antar beragam model bisnis dengan aspek lingkungan alam dan sosial
Pada domain pengelolaan sebuah organisasi bisnis baru (skill) atau bisnis berukuran kecil hingga menengah, lulusan Sarjana Administrasi Bisnis memiliki kemampuan:
- memformulasikan dan mengimplementasikan strategi bisnis konvensional yang bersifat fungsional;
- menggunakan ketrampilan hubungan antar pribadi, respek dan empati, dan mengimplementasikan teori kelompok untuk menyampaikan dan mempersuasi penyelesaian konflik antar pribadi, kelompok, dan sosial dalam organisasi;
- bekerja dalam tim bisnis secara efisien dan efektif dengan latar belakang sosial dan akar budaya bisnis yang beragam.
PENGUASAAN PENGETAHUAN
PENGUASAAN PENGETAHUAN
- Menguasai konsep teoretis secara mendalam terkait dengan teori administrasi, corporate governance, dan pengambilan keputusan;
- Menguasai konsep teoretis secara umum terkait dengan teori-teori: kewirausahaan, inovasi sebagai bagian dari teori kreasi pengetahuan (knowledge creation), motivasi (motivation theory),perubahan (social dan manajemen) khususnya perilaku social dalam kewirausahaan, lintas budaya dalam organisasi bisnis, fungsi-fungsi bisnis, dan teori pemangku kepentingan;
- Menguasai konsep umum teori ekonomi, sistem politik, dan teori ekonomi politik;
- Menguasai pengetahuan faktual dan terkini tentang hukum bisnis dan etika bisnis;
- Menguasai metodologi manajemen perubahan, metode analisis kinerja organisasi bisnis, dan metode penelitian sosial;
- Menguasai prinsip dan teknik komunikasi persuasif lintas organisasi dan lintas budaya di bidang bisnis.