KAMPUS MERDEKA

Komitmen Program Studi dalam mengimplementasikan Kampus Merdeka

Prodi telah melakukan berbagai program untuk mendukung kegiatan dalam implementasi Kampus Merdeka Belajar dengan merintis kerjasama dengan mitra yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar atau magang di perusahaan mitra. Hal ini dapat membuka kesempatan dan peluang mengingat tidak semua perusahaan sector privat menampung mahasiswa internship dalam perusahaannya khususnya pada masa pandemic yang tidak dapat diprediksi berakhirnya. Komitmen terkait dengan pengadaan program magang mahasiswa juga tertuang dalam struktur kurikulum S1 sebagai mata kuliah wajib semester 5 dengan nama matakuliah Praktek Bisnis.

Prodi dengan segala usahanya untuk ketercapaian indikator kinerja juga melakukan Pengabdian kepada Masyarakat yang didukung dengan SDM yang memiliki komitmen kuat untuk memajukan potensi masyarakat sekitar dengan bekal pengetahuan, ketrampilan yang ditularkan kepada masyarakat. Dengan demikian program ini membuka peluang bagi mahasiswa yang mampu bekerja untuk masyarakat dan terlibat aktif terjun sebagai fasilitator pengabdian masyarakat. Mahasiswa dapat membantu dan mendukung program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen ataupun secara mandiri. Database lokasi pengabdian ataupun rintisan program pengabdian dosen sebelumnya dapat dijadikan rujukan bagi mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat selanjutnya.

Kerjasama

Prodi telah melakukan kerjasama salah satunya dengan instansi pemerintah yaitu dengan SMA Negeri 1 Semarang yang membuka peluang untuk mahasiswa Administrasi Bisnis melakukan kegiatan mengajar di sekolah sebagai implementasi dari Kampus Merdeka. Program ini sebelumnya telah dilakukan oleh 2 orang mahasiswa yang mengajar materi kewirausahaan di SMA Negeri 1 Semarang.

Mahasiswa prodi Administrasi Bisnis memiliki kesempatan dan peluang dalam menjajaki riset atau penelitian baik secara mandiri dan berkolaborasi dengan dosen. Hal ini untuk menindaklanjuti program-program hibah penelitian yang diperoleh dosen baik nasional dan internasional. Mahasiswa dapat ikut terlibat dalam riset yang dilakukan oleh dosen sebagai partner yang sesuai dengan bidang yang diminati. Dengan semakin banyaknya dosen memperoleh hibah penelitian maka memberi peluang juga kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan kegiatan penelitian sebagai persyaratan Kampus Merdeka. Hal ini tidak terlepas dari besarnya capaian jumlah dan dana penelitian yang didanai dari pihak eksternal khususnya dari Hibah Kompetisi di tingkat lokal maupun regional.