Pengabdian

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Prodi selama 2 semester tahun 2020 yang ditindaklanjuti dengan adanya Perjanjian Kerjasama dengan SMA Negeri 1 Semarang berdampak pada kegiatan mahasiswa sebagai pengajar pada materi kewirausahaan. Mahasiswa Administrasi Bisnis bertindak sebagai narasumber mengenai Kewirausahaan. Dalam implementasinya ke dalam program Kampus Merdeka Belajar, mahasiswa yang terlibat kegiatan mengajar di sekolah adalah sebanyak 2 mahasiswa (Ijai Pratama dan Aldin Meidito). Materi mengajar kewirausahaan disampaikan kepada para siswa SMA yang merupakan calon entrepreneur pemula.

Program proyek kemanusiaan di Administrasi Bisnis diinisiasi di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Departemen Administrasi Bisnis. Program kerja yang dilakukan sepanjang tahun 2020 adalah Bisnis Peduli Gempa Turki, Bisnis Peduli Sukabumi, Bisnis Peduli Covid. Program-program kerja peduli ini berbentuk membuka kesempatan kepada siapapun yang ingin menjadi donator dan sekaigus membantu menyalurkan kepada korban-korban yang terkait dengan program peduli tersebut.

Prestasi yang diraih oleh mahasiswa yang sangat relevan dengan bidang ilmu telah berhasil dicapai oleh 5 mahasiswa dalam suatu penyelenggaraan event bertajuk Start Up Weekend  dengan predikat Juara 1 (Richardia Ayu & Fika Nadia), Juara 2 (Nur Latifah, M. Syahendra, M. Hafids W, Zulfa Rahma, Sumayyah Ashfa), Juara 3 (Bagas P, Annisa Rizqi, Idham Khaliq, Alfia Safira, Khoerotsa), Lomba 2 Fotografi 75 Wajah Indonesia Ahmad Burhanudin Syah, Bangun Yudhanto/  14030118140048 / Juara 2 U-21 Kumite +84 Kg Putra, Kejuaraan Nasional Karate INKAI “Piala Ketua Umum Koni Pusat” Tahun 2020. Prestasi lainnya diperoleh oleh mahasiswa Administrasi Bisnis pada event Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPTEx 2020) oleh Ijai Pratama. Kejuaran yang diperoleh tinkat regional Undip juga diperoleh oleh beberapa mahasiswa Administrasi Bisnis seperti Juara mawapres, penerima hibah PKM-K Undip, PMW, Diponegoro University Enterpreneur Award (DUEA).

Dosen yang melakukan kegiatan di Luar kampus Undip salah satunya melakukan kegiatan Tri Dharma PT di universitas yang masuk dalam peringkat QS100 adalah sebanyak 4 dosen Administrasi Bisnis (Prof Sudharto PH, MES, Prof Naili Farida, M,Si, Dr. Widiartanto, M.AB, Bulan Prabawani, Ph.D). Dosen yang bersangkutan ditunjuk oleh salah satu PT dalam QS100 sebagai penguji eksternal Ujian Disertasi mahasiswa Program Doktor. Selain terlibat dalam kegiatan menguji, dosen Administrasi Bisnis juga aktif sebagai konsultan, peneliti sebanyak 4 dosen yaitu Prof  Sudharto PH (FGD Omnibuslaw), Prof  Naili Farida (Reviewer Internasional dan LPDP), Dr. Sri Suryoko, M.Si ( Amdal), Bulan Prabawani, Ph.D (Proyek SDG’s), Dr. Hari Susanta, M.Si (Disperindag), Dr. Widiartanto, M.AB (Pertamina).

Pembinaan terhadap mahasiswa yang berprestasi baik internasional maupun nasional melalui jalur PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) telah dilakukan oleh dosen Administrasi Bisnis sebanyak 2 dosen (Dr. Andi Wijayanto, M.Si dan Robetmi Jumpakita).

Kemitraan Program Studi Administrasi Bisnis dalam bentuk perjanjian kerjasama dengan mitra terkait dukungan akademik terhadap prodi, telah dilakukan dengan beberapa perusahaan. Kerjasama yang dilakukan prodi terutama melibatkan sektor privat sehingga Mahasiswa dapat melakukan Magang dan Dosen dapat melakukan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Lembaga kerjasama yang untuk tahun 2020 diantaranya Impala Space yang memberikan pendampingan pembentukan start-up bisnis yang notabene merupakan salah satu kompetensi yang signifikan perlu dimiliki oleh Mahasiswa Adm Bisnis. Kerjasama lainnya melibatkan PT Telkom untuk khususnya kegiatan Magang dan Penelitian Dosen. Perjanjian kerjasama ini secara keseluruhan mencapai 16 dokumen yang meliputi untuk PTN Akademik sejumah 11 dokumen, perusahaan multinasional sebanyak 1 mitra (Telkom), perusahaan rintisan dalam bidang startup company (Impala Space) dan perusahaan alumni (Witjaksono), kerjasama dengan institusi atau organisasi multilateral sebanyak 1 mitra yang memfasilitasi pelatihan Brevet Pajak dan kerjasama dengan instansi pemerintah dengan mitra SMA Negeri 1 Semarang. Bentuk kegiatan yang pernah dilakukan dengan SMA Negeri 1 ini adalah kegiatan Pengabdian Masyarakat tahun 2020 dengan memberikan pelatihan kewirausahaan kepada para siswa siswi SMA Negeri 1 Semarang.